Sabtu, 04 Agustus 2012


HASAN LANGGULUNG

oleh Mahlail Syakur Sf.

 

1. Riwayat Hidup dan Pendidikannya

Nama lengkapnya adalah Prof. Hasan Langgulung, M.A., Ph.D. Nama keluarga dan kedua orangtuanya tidak ditemukan oleh penulis. Ia dilahirkan di Rappang Ujung Pandang Sulawesi Selatan pada tanggal 16 Oktober 1934.[1]  Beliau berasal dari suku Bugis. Sekolah Dasar dan Menengah Islam (1943–1949), Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Islam (1949–1952), Sekolah Guru Islam Atas (1952–1955) dijalani di Ujung Pandang.  Setamat pendidikan B-1 bidang bahasa Inggris (1957–1962) Hasan melanjutkan pendidikan B-A dalam bidang Islamic Studies di Fakultas Dar al-’Ulum Cairo University (1962). Hasan meraih Ijazah Diploma dalam bidang Sastra Arab Modern dari Institute of Higher Arab Studies, Arab League Cairo (1964), ijazah Special Diploma of Education (Mental Hygiene) dari Ein Shams University Cairo (1963–1964), dan memperoleh gelar master (M.A.) dalam bidang Psikologi dan Kesehatan Mental (Psychology Mental Hygiene) dari lembaga yang sama (1967) dengan judul tesis al-M>>>uh{arr}ik al-Indonesi: Ittijá>hatuh wa Darajat Tawá>fuq Indah. Gelar Ph.D. dalam bidang psikologi diraih dari University of Georgia Amerika Serikat (1971) dengan judul disertasi A Cross-Cultural Study of Child Conception of Situational Causality in India, Western Samoa, Mexico and the United States di bawah bimbingan Prof. E. Paul Torrence.[2]

2. Karya-Karyanya

Hasan Langgulung termasuk pemikir yang produktif dan sangat memperhatikan bidang yang digelutinya, yakni psikologi, filsafat, dan pendidikan Islam. Ia berhasil menulis 14 judul buku dalam bidang psikologi, pendidikan, falsafah, dan Islam yang telah diterbitkan. Ia juga menulis lebih dari 60 judul artikel yang termuat di berbagai majalah Luar Negeri dan Dalam Negeri, seperti Journal of Special Psychology, Journal of Cross-Cultural Psychology, Islamic Quarterly Muslim, Education Quarter-ly, Dewan Masyarakat, Dian, dan lain-lain. Hasan telah menerbitkan beberapa buku berbahasa Arab.[3]
Di antara karya-karyanya terpenting dalam bidang psikologi dan pendidikan adalah:
a.      Pendidikan dan Peradaban Islam: Suatu Analisis Psiko-Sosiologi.[4]
b.      Manusia dan Pendidikn: Suatu Analisis Psikologi, Falsafah, dan Pendidikan.[5]
c.       Teori-Teori Kesehatan Mental.[6]
d.      Kreativitas dan Pendidikan Islam: Suatu Kajian Psikologi dan Falsafah.[7]
  1. Asas-Asas Pendidikan Islam.[8]

3. Karirnya

Hasan memulai kariernya dengan menduduki jabatan Kepala Sekolah Indonesia di Kairo (1957-l968). Beliau pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidik-an Islam di International Islamic University of Malaysia (IIUM). Kini Hasan menjabat sebagai Guru Besar dalam bidang Psikologi dan Pendidikan di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Guru Besar bidang Sosiologi Pedesaan di Fakultas Ekonomi Universitas Malaysia (UM) dengan jabatan Psychological Consultant di Stand-ford Research Institute Menlo Park California; sebagai Teaching Assistant di University of Georgia (l969-1970); dan Visiting Professor di University of Riyadh (l977-l978).
Hasan juga mempunyai beberapa kegiatan ilmiah sebagai bagian dari kariernya, seperti:
a.       Pemimpin Redaksi Journal Pendidikan, diterbitkan di University Kebangsaan Malaysia;
b.      Anggota Redaksi Akademika untuk Sosial Sciences & Humanities Kuala Lumpur;
c.       Anggota American Psychological Association (APA);
d.      Profesor Madya dalam Psikologi dan Pendidikan di University Kebangsaan Malaysia;
e.       Maha Guru Luar Biasa dalam bidang Sosiologi Pedesaan pada Fakultas Ekonomi University of Kebangsaan Malaysia;
f.       Sebagai ketua ikatan mahasiswa Indonesia di beberapa negara di Timur Tengah, beliau juga pernah mengajar selama satu tahun di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


[1] Prof. Dr. Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Prof. Dr. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979), halaman Cover belakang.
[2] Prof. E. Paul Torrence adalah guru yang ideal, sangat memberikan perhatian kepada para mahasiswa, memberikan bimbingan dengan cara-cara yang menyenangkan. Lihat beberapa karyanya yang mencantumkan biografinya di bagian akhir buku, seperti Asas-asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka a-Husna, 1992), dan Pendidikan dan Peradaban Islam (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1985).
[3] Hasan Langgulung, Pendidikan… Op. Cit, h. 249.
[4] Diterbitkan oleh Pustaka al-Husna Jakarta, 1985.
[5] Diterbitkan oleh Pustaka al-Husna Jakarta, 1986.
[6] Diterbitkan oleh Pustaka al-Husna Jakarta, 1986.
[7] Diterbitkan oleh Pustaka al-Husna Jakarta, 1991
[8] Diterbitkan oleh Pustaka al-Husna Jakarta, 1992.

Tidak ada komentar: