Sabtu, 18 Februari 2012

PTK-PAI SD

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul : UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI PEMBERIAN TUGAS BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMBALREJO 01 BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012

Bidang Kajian : Pendidikan Agama Islam dengan pemanfaatan media LCD

A. PENDAHULUAN

Faktor terpenting di dalam peningkatan kuantitas dan kualitas pengajaran adalah guru. Hal ini menuntut perubahan-peruubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Untuk memenuhi hal tersebut, guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga ia mau belajar karena siswalah subyek utama dalam belajar.

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.

Pembelajaran Agama Islam tidak lagi menfokuskan pada penyerapan melalui pencapaian informasi semata tetapi lebih mulai diarahkan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktifitas siswa dalam pembelajaran perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerjasama dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).

Oleh karena itu upaya peningkatan motivasi belajar PAI bagi siswa juga harus menjadi perhatian para guru. Di antara kiat yang perlu dilakukan oleh guru dalam upaya tersebut adalah pemberian tugas.

B. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

1. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah “Apakah pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa kelas VI SDN Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus?”

2. Pemecahan Masalah

Filsafat Cina mengatakan: “Engkau mendengar engkau lupa, engkau melihat engkau ingat, engkau melakukan engkau mengerti.” Pepatah Cina ini sangat terkenal di dunia pendidikan. Dengan metode pemberian tugas diharapkan akan dapat diaktifkan tiga gaya belajar siswa yang meliputi audio, visual, dan kinetis. Hal ini tentu saja akan mampu mengkondisikan siswa memiliki motivasi.

Menurut Djamarah (2002: 114) motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

3. Hipotesis

Hipotesis tidakan yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah “Pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar PAI bagi siswa kelas VI SDN Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus”.

V. TUJUAN PENELITIAN

1. Tujuan Umum

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.

2. Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus dari penelitian ini: “Untuk meningkatkan motivasi belajar PAI bagi siswa kelas VI SDN Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus”.

VI. MANFA’AT HASIL PENELITIAN

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfa’at bagi masyarakat karena:

1. Memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi Pendidikan Agama Islam.

2. Meningkatkan motivasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam

3. Mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

VII. KAJIAN PUSTAKA

A. Definisi Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses, cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berusaha tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman (KBBI, 1996:14).


B. Motivasi Belajar

Menurut Djamarah (2002: 114) motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu.

C. Pengajaran metode tugas

Yang dimaksud dengan pemberian tugas belajar ialah suatu cara mengajar di mana seorang guru memberikan tugas-tugas tertentu kepada peserta didik, sedangkan hasil tersebut di periksa oleh guru dan peserta didik mempertanggungjawabkannya.

Pertanggungjawaban itu dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:


- menjawab tes/ ujian yang diberikan oleh guru.

- menyampaikan laporan/ hasil pengamatan ke muka kelas secara lisan.

- menuliskan jawaban atas pertanggungjawabannya.

D. Prestasi Belajar.

Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995: 14). Jadi, prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.


VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN

A. Rencana Penelitian

  1. Subjek penelitian

Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, dengan jumlah siswa 19 orang.

Pertimbangan penulis mengambil subyek penelitian tersebut di mana siswa kelas VI telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti tugas kelompok dan individu.

  1. Tempat Penelitian

Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di Negeri Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan peneliti sedang bekerja di sekolah tersebut, sehingga dapat memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas, dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi peneliti.

  1. Waktu Penelitian

Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 1 bulan, yaitu 16 Pebruari s.d 16 Maret 2012. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester Genap Tahun pelajaran 2011/2012.

  1. Lama Tindakan

Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Pebruari, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.


B. Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain:

1. Perencanaan

Perencanaan meliputi penyampaian materi pelajaran, latihan soal, pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah (kegiatan penelitian utama), pembahasan PR, dan ulangan harian.

2. Tindakan (Action)/ Kegiatan, mencakup:

a. Siklus I, meliputi: Pendahuluan, kegiatan pokok, dan penutup.

b. Siklus II ( sama dengan I )

c. Siklus III (sama dengan I dan II )

3. Refleksi, di mana perlu adanya pembahasan antara siklus-siklus tersebut untuk dapat menentukan simpulan atau hasil dari Penelitian Tindakan Kelas.


IX. JADWAL PENELITIAN

No

KEGIATAN

MINGGU KE

I

II

III

IV

V

VI

VII

VIII

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

Perencanaan

2

Proses pembelajaran

3

Evaluasi

4

Pengumpulan Data

5

Analisis Data

6

Penyusunan Hasil

7

Pelaporan Hasil

8

9




X. BIAYA PENELITIAN

Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah:

1. Fotocopy Naskah : Rp ……..

2. Kertas folio 1 rim : Rp ……..

3. jilid buku : Rp ……….

4. Rental Komputer : Rp ……..

5. Lain-lain : Rp ……..

JUMLAH : Rp ………

XI. PERSONALIA PENELITI

Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah:

1. Nama : Mahlail Syakur Sf.

NIP : ………….

Pekerjaan : Dosen FAI Unwahas

2. Nama : Laynufar Silsilia Alhila

NIP: 19840303 200903 1 006

Pekerjaan : GURU PAI KELAS VI

XII. DAFTAR PUSTAKA

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Wijaya, Cece, Dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1992

Sudjana, Nana Dan Rivai, Ahmad, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1989

Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Djamarah, Syaiful Bahri., dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Uzer Usman, Moh. dan Setiawati, Lilis. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.

Darajat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

4 komentar:

mengatakan...

Terimakasih, Postingan Anda sangat membantu... ^_^

PELITA DI BERANDA DEPAN mengatakan...

Trima kasih atas postinganx....

PELITA DI BERANDA DEPAN mengatakan...

Trima kasih atas informasinya: b

Unknown mengatakan...

Kok gk nyambung dg apa yg aq Search????